WHO WE ARE

Kami adalah Duta Pariwisata Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang terdiri dari pemuda-pemudi terbaik yang siap berkontribusi untuk kemajuan pariwisata Kepulauan Seribu. 


Abang None Jakarta sebagai induk dari Abang None Jakarta Wilayah Kepulauan Seribu merupakan sebuah ajang pemilihan putra-putri terbaik di tingkat Provinsi DKl, yang didasari atas penilaian wawasan, fisik dan perilaku yang baik. Ajang pemilihan Duta Wisata Jakarta ini telah berlangsung sejak tahun 1968. Abang dalam bahasa Betawi merupakan panggilan untuk orang laki-laki yang kedudukannya lebih tua dalam struktur keluarga atau kenalan. Sedangkan None merupakan sebutan atau panggilan untuk orang perempuan yang masih muda dan belum bersuami. 


Abang dan None bertugas satu tahun menjadi duta pariwisata provinsi DKl Jakarta yang dalam peranannya secara aktif melakukan sosialisasi dan promosi kepariwisataan baik di dalam maupun di luar negeri. Abang dan None sebagai generasi muda yang diharapkan mampu menjadi cerminan generasi muda Jakarta yang berkualitas unggul dan siap berkontribusi dalam masyarakat.

IMG_7880.JPG
S__26009610.jpg

WHAT WE DO

Minat masyarakat yang tinggi terhadap ilmu bahasa inggris dan lingkungan, membuat para Abnon Seribu semakin antusias untuk terus melakukan kegiatan sosialisasi yang rutin dilakukan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara diskusi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) pada pulau-pulau yang dikunjungi. Bersama dengan anak-anak usia sekolah serta asosiasi pemilik homestay, kami bersama-sama bertukar ilmu dalam kegiatan tersebut. Hal ini akan berdampak guna mempersiapkan penduduk Kepulauan Seribu saat akan bersosialisasi dengan wisatawan mancanegara.

 

Dengan mengangkat tema bahasa inggris yang digunakan sehari-hari, untuk tawar menawar, maupun bahasa inggris yang berkaitan dengan kepariwisataan didiskusikan pada kegiatan ini. Tidak hanya itu, anak-anak asli pulau juga antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan mempelajari ilmu tentang kebersihan lingkungan dan cara menjadanya. Harapan kami selain saling mendapatkan manfaat, kedepannya wilayah Kepulauan Seribu akan tetap terjaga keindahannya serta menjadi salah satu kawasan pariwisata yang paling diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Picture14.png
Picture1.png
3.png

KEPULAUAN SERIBU

Sebagai satu-satunya  kabupaten administrasi yang ada di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan wilayah yang meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Sesuai dengan Pasal 32 Undang-undang Nomor 34 Tahun 1999, Kecamatan Kepulauan Seribu yang merupakan bagian dari Kotamadya Jakarta Utara ditingkatkan statusnya menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan maksud untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, serta pengelolaan Kepulauan Seribu yang terdiri atas 110 Pulau dalam segala aspek antara lain kelestarian lingkungan, konservasi sumber daya alam, ekonomi, kesejahteraan rakyat dan sosial budaya. Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Pulau Pramuka yang mulai difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten sejak tahun 2003. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

seribu.png

Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Tidung , Kelurahan Pulau Pari , Kelurahan Pulau Untung Jawa. Begitu juga dengan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang. Ada beberapa jenis pulau di Kepulauan Seribu yaitu pulau berpenduduk , pulau wisata, dan pulau bersejarah . Pulau berpenduduk di antaranya  Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira. Pulau wisata di antaranya , Pulau Pantara , Pulau Ayer, Pulau Kahyangan , Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, Pulau Macan, dan sebagainya. Sedangkan pulau bersejarah seperti Pulau Cipir , Pulau Onrus , Pulau Kelor , Pulau Damar Besar , Pulau Bidadari , dan sebagainya. Saat ini Kepulauan Seribu sudah masuk 10 destinasi pariwisata nasional atau Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).